Cara Merawat Smartphone Android 2024

Cara Merawat Smartphone Android  – Smartphone merupakan barang elektronik yang digunakan sebagai alat komunikasi. Bermacam-macam jenis dan tipe smartphone yang ada di Indonesia tentunya dengan spesifikasi dan kualitas yang berbeda-beda. Semakintinggi harga smartphone maka akan semakin bagus pula kualitas yang dimilikinya. Smartphone yang memiliki kualitas bagus tentu akan lebih awet dan tidak mudah rusak meskipun digunakan setiap hari. Tapi, kerusakan smartphone sewaktu-waktu bisa saja terjadi akibat berbagai macam hal.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut perlu dilakukan perawatan terhadap smartphone yang anda miliki saat ini. Bagaimana cara merawat smartphone agar tetap awet? Berikut ini kami berikan beberapa tips dan cara merawat smartphone yang benar.


Cara Merawat Smartphone Android 


1. Merawat Layar Sentuh

Kebanyakan dari android yang ada saat ini menggunakan full touchscreen. Layar touchscreen ini terbilang sangat sensifit, untuk itu penggunaannya harus berhati-hati. Jangan menyentuh touchscreen secara kasar karena dapat menurunkan ke respon layar. Sentuhlah layar dengan cara yang lembut dan pastikan tangan anda dalam keadaan kering ketika menggunakan smartphone.


2. Baterai

Salah satu kelemahan smartphone android yaitu terletak pada baterainya yang terbilang cukup boros. Anda bisa mengisi baterai 3 – 4 kali dalam sehari dan jika smartphone dalam keadaan mati terkadang sulit untuk dihidupkan. Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya anda lakukan pengisian baterai sesuai prosedur yang telah ditentukan. Jangan mengecas terlalu lama dari batas waktu yang ditentukan untuk menghindari kerusakan komponen.


3. Merawat Kamera dan Speaker

Kamera dan speaker merupakan salah satu senjata terbaik yang ada pada sebuah smartphone. Kita memilih smartphone tersebut karena memiliki resolusi kamera yang bagus dengan suara yang menggelegar. Dalam hal ini kami harap pengguna dapat memanfaatkan kedua fitur tersebut dengan baik. Gunakan pelindung body agar kaca lensa kamera tidak mengalami goresan dan untuk merawat speaker sebaiknya jangan dekatkan smartphone pada benda yang memiliki magnet maupun sumber logam yang dapat menempel pada speaker.


4. Backup dan Restore

Melakukan pembackup an data dan merestore secara berkala sangat penting untuk mencegah terjadinya kerusakan data pada smartphone. Untuk pembackup an dapat dilakukan menggunkanan PC dan laptop atau juga bisa menggunakan flashdisc.


5. Listrik Statis

Listrik statis dapat terjadi karena gesekan smartphone dengan celana ketika kita menyimpannya di saku celana. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada kinerja layar karena melemahnya fungsi layar. Untuk itu, sebaiknya anda letakkan smartphone pada tempat yang tidak mengandung listrik statis seperti tas.

No comments:

Post a Comment